TITIK IMPAS MULTI PRODUK
Bagi perusahaan yang memiliki lebih
dari satu jenis produk maka dalam menghitung titik impasnya harus terlebih
dahulu dihitung bauran penjualannya. Menurut Hansen dan Mowen (2005:305)
menyatakan bahwa: Analisis multiproduk mensyaratkan dibuatnya suatu asumsi
sehubungan dengan bauran penjualan yang diharapkan pada bauran penjualan
tertentu, masalah multiproduk dapat dialihkan ke dalam analisis produk tunggal.
Namun, harus diingat bahwa hasilnya akan berubah jika bauran penjualannya
berubah. Jika bauran penjualan berubah pada perusahaan multiproduk, maka titik
impas juga akan berubah. Kenaikan penjualan produk yang memiliki margin
kontribusi tinggi akan memperkecil titik impas, sementara kenaikan penjualan
produk dengan margin kontribusi rendah akan memperbesar titik impas.
Menurut Rudianto (2006:53-55)
menyatakan bahwa: Titik impas perusahaan tersebut dapat dihitung dengan rumus
titik impas biasa dengan memperhitungkan perbandingan volume penjualan antara
satu produk dengan produk lain. Titik impas akan tercapai pada saat penjualan
mencapai nilai. Titik impas dalam unit akan tercapai dengan membagi nilai titik
impas dalam rupiah dengan harga jual gabungan keempat jenis produk tersebut.
Ini berarti, titik impas dari perusahaan tersebut akan tercapai jika
masing-masing produk dijual dengan komposisi volume penjualan.
Comments
Post a Comment