TITIK IMPAS MULTI PRODUK


Bagi perusahaan yang memiliki lebih dari satu jenis produk maka dalam menghitung titik impasnya harus terlebih dahulu dihitung bauran penjualannya. Menurut Hansen dan Mowen (2005:305) menyatakan bahwa: Analisis multiproduk mensyaratkan dibuatnya suatu asumsi sehubungan dengan bauran penjualan yang diharapkan pada bauran penjualan tertentu, masalah multiproduk dapat dialihkan ke dalam analisis produk tunggal. Namun, harus diingat bahwa hasilnya akan berubah jika bauran penjualannya berubah. Jika bauran penjualan berubah pada perusahaan multiproduk, maka titik impas juga akan berubah. Kenaikan penjualan produk yang memiliki margin kontribusi tinggi akan memperkecil titik impas, sementara kenaikan penjualan produk dengan margin kontribusi rendah akan memperbesar titik impas.



Menurut Rudianto (2006:53-55) menyatakan bahwa: Titik impas perusahaan tersebut dapat dihitung dengan rumus titik impas biasa dengan memperhitungkan perbandingan volume penjualan antara satu produk dengan produk lain. Titik impas akan tercapai pada saat penjualan mencapai nilai. Titik impas dalam unit akan tercapai dengan membagi nilai titik impas dalam rupiah dengan harga jual gabungan keempat jenis produk tersebut. Ini berarti, titik impas dari perusahaan tersebut akan tercapai jika masing-masing produk dijual dengan komposisi volume penjualan.


Berdasarkan 2 pendapat tersebut, dapat kita uraikan bahwa analisis titik impas multiproduk merupakan suatu asumsi bauran penjualan yang diharapkan pada bauran penjualan tertentu dimana hasilnya akan berubah jika bauran penjualannya berubah. Titik impas multiproduk dalam unit akan tercapai dengan membagi nilai titik impas dalam rupiah dengan harga jual gabungan masingmasing jenis produk. Ini berarti, titik impas multiproduk akan tercapai jika masing-masing produk dijual dengan komposisi volume penjualan. Berikut rumus untuk menghitung break even point menurut Hansen dan Mowen (2005:307):

Comments

Popular posts from this blog

Why is Break Even Point?